Selamat Datang

Selamat Datang, Semoga Bermanfaat Bagi Para Pencari Referensi dan Pengunjung Yang Telah Membaca, Terima Kasih
" Law is as Social Tool Enginering"

Selasa, 15 November 2011

Menulis Bukanlah sesuatu yang sulit : Dalam Perspektif Etika Menulis

Oleh : Rengga Yudha Santoso

Menulis Bukanlah sesuatu yang sulit. Yang perlu kita lakukan adalah sering membedah kepustakaan dengan niat penuh, karena dasar dari sebuah menulis adalah ketulusan tanpa suatu paksaan dan bahkan penindasan. Langkah yang harus ditempuh disaat kita menulis yakni pada saat kita membuat sebuah konsep atau membuat kerangka pemikiran yang sistematis yang dapat menguraikan apa isi tulisan yang kita buat dan untuk tujuan apa sebenarnya tulisan yang kita buat tersebut, serta mengkorelasikan antara kejadian di lapangan dengan pemahaman yang kita dapatkan dari hasil pembedahan kepustakaan, sinkronkan dan setelah itu kita tuangkan. Hal yang paling urgen diasaat kita menulis yakni, tulisan jangan sampai berputar-putar dan berkutat pada satu obyek kajian, namun dapat kita kembangkan dengan menambahkan ide-ide atau inovasi yang dapat dikorelasikan dengan apa yang sedang kita tulis. Kemudian mengerucutkan sebuah tulisan itu penting, karena agar nilai daripada tulisan tersebut benar-benar ada unsur Kronologi hingga Pemecahan masalah yang dibuat didalam kesimpulan, serta cantumkan pula sumber-sumber referensi yang mendukung tulisan yang kita buat, karena hal tersebut berkenaan dengan moral dan etika kita dalam menuangkan sebuah tulisan, agar dapat diterima dikalangan akademisi hingga para profesional.

2 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus